Senin, 15 April 2013

Meditasi Gassho


    Meditasi gassho adalah merupakan salah satu dari tiga pilar yang di ajarkan oleh Mikao Usui. Ketiga pilar itu adalah gassho, Reiji-Ho ( reiji berrarti “indication of the Reiki power” and Ho berarti methods), dan Chiryo (chiryo berarti treatment dalam bahasa inggris). Secara harfiyah Gassho ebrarti “ dua tangan bertemu”. Mediatsi ini dilaksanakan setiap kali pada permulaan pertemuan – pertemuan Reiki yang diselengarakannya. Meditasi ini berangsung selama 20 – 30 menit setelah bangun dan/atau di malam hari sebelum tidur. Gassho dapat dilaksanakan secara sendiri atau berkelompok. Mediatsi secara berkelompok dapat merupakan pengalamanyang sangat indah karena energy meningkat jauh di atas masing – masing orang yang menajdi peserta.
    Cara berikut ini adalah cara yan di gunakan oleh salah satu perguruan reiki Tao pimpinan Ir. Khusnul Hadi. Caranya adalah sebagai berikut :  
  • Rangkapkan kedua telapak tangan di muka dada, dengan jarak antara 5 – 10 cm.
  •  Kemudian, seperti halnya teknik meditasi grounding, sang praktisi/kita mengalirkan energy (Reiki dan/atau energy – energy non reiki) melalui chakra mahkota (dan/atau cakra  lain) dan mengalirkannya melalui ujung – ujung jari kedua tanggan.
  •  Niatkan dan bayangkan (visualisasikan) energy masuk ke dalam tubuh kita melalui chakra mahkota dan kemudian keluar melalui ujung – ujung jari kedua tangan kita seperti mengalirnya air mancur.
  • Bersamaan atau setelah mengalirnya energy dari chakra mahkota dan keluar melalui ujung – unjung jari, ucapkan affirmasi yang isinya  seperti affirmasi teknik meditasi grounding.
  • Lamanya wakru melakukan gassho, lakukan pula zikir atau asama Allah atau semacamnya.
   Bagi mereka yang beragama Budha, ucapan tadi dapat dig anti cengan kata “oom” yang artinya Tuhan. Bagi yang beragama Kristen (Katolik atau Protestan), bacaan dapat diganti dengan “Puji Tuhan”.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar